Pin It
Memasang gadget histats di blog bertujuan untuk mengetahui statistik blog kita, baik blogspot, wordpress, maupun flatform blog lainnya. Di Blogger sendiri sebenarnya sudah tersedia data statistik blog, namun dari pemantauan saya selama ini kayaknya data statistik blog dari blogspot kurang lengkap misalnya data keyword penelusuran google tidak semuanya tampil, dan juga misalnya reffering site (situs perujuk) yang menuju ke blog kita tidak tampil sempurna di data statistik blogspot. Bahkan kadang ada situs-situs yang sama sekali tidak menjadi reffering site, malah muncul. Saya kurang paham kenapa hal tersebut bisa terjadi, mungkin Blogspot punya hitung-hitungan sendiri untuk data statistik blog ini.
Dari fakta tersebut, maka diperlukan layanan pihak ketiga (dalam hal ini histats) sebagai monitoring statistik blog kita.
Dengan memasang histats, maka statistik blog akan ditampilkan secara realtime Lalu data statistik apa saja yang didapat dari pemasangan gadget histats di blog? Beberapa diantaranya adalah traffic summary (page views dan visitor counter), data keyword Google yang masuk ke blog, data reffering site, data click count, data browser yang digunakan pengunjung, data asal negara pengunjung, dan lain-lain.


Berikut tutorial cara memasang gadget Histats di blog:

  1. Daftar dulu / Register di Histats.com GRATISSSS, Isikan data sesuai dengan data Anda, jangan lupa ceklist “I have read and agree Publisher Agreement Terms”. Klik “Register”
  

  1. Cek email Anda untuk aktivasi email
  1. Masuk/login ke Control Panel Histats dengan mengetikkan alamat email dan password yang tadi didaftarkan.
  1. Pada halaman awal control panel, klik “+Add Website”.
  1. Isi data blog sesuai form yang ada, klik “Continue”.
  1. Selanjutnya, klik nama website yang sudah didaftarkan tadi.
  1. Akan terbuka traffic summary blog, untuk menambahkan kode histats di blog klik “Counter Code”.
  1. Selanjutnya klik “add new counter”, akan terbuka pilihan model histas yang akan ditampilkan di blog. Pilih salah satu.

  1.  Ceklist data apa saja yang akan ditampilkan pada model histats yang kita pilih, ada Visitor today, Total visitor, Page view today, Total page view, dan users online. 



  1. Setelah OK, klik “Save”.
  1. Anda akan kembali ke list counter code, klik ID counter code yang tadi kita buat.
  1. Akan muncul kode/script HTML histats. Copy paste kode/script HTML tersebut di gadget HTLM/Javascript di blog kita.


Demikian tutorial cara pasang histasts di blog, mudah-mudahan bermanfaat dan tentunya traffic blog Anda akan termonitor jelas dengan pemasangan histats di blog. :))




Artikel Terkait:



2 comments:

Thanks ya udh ngebaca artikel saya,, Kalau mau ngasih koment yang membangun..
Thanks...

Klik 2 kali untuk keluar